Tuesday, October 2, 2012

Pembelajaran Kolaboratif

Posted by Unknown at 6:06 PM



Apa yang dimaksud pembelajaran kolaboratif?

Pembelajaran kolaboratif merupakan pendekatan pendidikan untuk pengajaran dan pembelajaran yang melibatkan kelompok peserta didik bekerja sama untuk memecahkan masalah, menyelesaikan tugas, atau membuat produk. Pembelajaran kolaboratif didasarkan pada gagasan bahwa belajar merupakan tindakan alami sosial di mana para peserta berbicara di antara mereka sendiri. Ini adalah melalui pembicaraan bahwa pembelajaran terjadi.

Ada banyak pendekatan untuk pembelajaran kolaboratif:

     Belajar adalah proses aktif dimana peserta didik memahami informasi dan menghubungkan hal ini pengetahuan baru untuk kerangka pengetahuan sebelumnya.
     Belajar memerlukan tantangan yang membuka pintu bagi pelajar untuk secara aktif terlibat / nya rekan-rekan, dan untuk mengolah dan mensintesis informasi daripada hanya menghafal dan memuntahkan itu.
     Peserta didik menguntungkan bila terkena sudut pandang yang beragam dari orang-orang dengan latar belakang beragam.
     Belajar berkembang dalam lingkungan sosial di mana percakapan antara peserta didik berlangsung. Selama ini senam intelektual, pelajar menciptakan kerangka kerja dan arti wacana.
     Dalam lingkungan pembelajaran kolaboratif, para peserta didik ditantang baik secara sosial dan emosional ketika mereka mendengarkan perspektif yang berbeda, dan diharuskan untuk mengartikulasikan dan mempertahankan ide-ide mereka. Dengan demikian, para peserta didik mulai membuat kerangka konseptual mereka sendiri yang unik dan tidak hanya mengandalkan ahli atau kerangka teks.

Dengan demikian, dalam pengaturan pembelajaran kolaboratif, peserta didik memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan, hadir dan membela ide-ide, keyakinan pertukaran beragam, kerangka konseptual pertanyaan lainnya, dan secara aktif terlibat.

4 comments on "Pembelajaran Kolaboratif"

Anonymous said...

Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I've truly enjoyed browsing your blog posts. After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

Here is my web-site buy Cheap social bookmark service

Anonymous said...

Hi my loved one! I wish to say that this article is amazing, great written and include approximately all significant infos.
I'd like to see more posts like this .

Feel free to surf to my web-site :: Psn Code Generator

Anonymous said...

Hello I am so excited I found your blog page, I really found you by error,
while I was looking on Bing for something else, Anyhow
I am here now and would just like to say thanks for a tremendous post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design),
I don’t have time to look over it all at the moment but I have book-marked it and also added in your
RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the superb jo.


My blog post: Psn code generator

Anonymous said...

Hi, i think that i saw you visited my web site thus i came to “return
the favor”.I'm attempting to find things to improve my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

my web-site ... Psn Code Generator

 

Miss'Vhiolette Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal