Sunday, February 6, 2011

KABUPATEN GOWA

Posted by Unknown at 10:10 PM
Also known as Daerah Tingkat II Gowa, Gowa
The timezone in Kabupaten Gowa is Asia/Makassar
Sunrise at 06:07 and Sunset at 18:19. It's light
Latitude. -5.1666667°, Longitude. 119.6666667°
Weather near Kabupaten Gowa; Report from Ujung Pandang / Hasanuddin, 37.1km away
Weather :
Temperature: 32°C / 89.6°F
Wind: 6.9km/h North Cloud: Scattered at 1900f
Parang:
he timezone in Parang is Asia/Makassar
Sunrise at 06:07 and Sunset at 18:19. It's light
Latitude. -5.245°, Longitude. 119.6405556° Weather near Parang; Report from Ujung Pandang / Hasanuddin, 48.8km away
Temperature: 32°C / 89.6°F
Wind: 6.9km/h Northather :
Temperature: 32°C / 89.6°F
Wind: 6.9km/h North,,Cloud: Scattered at 1900ft
Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.883,32 km² dan berpenduduk sebanyak ±500.000 jiwa.
Kabupaten seluas 1.883,3 kilometer persegi ini memiliki enam gunung dengan yang tertinggi Gunung Bawakaraeng. Daerah ini juga dilalui Sungai Jenebarang yang di daerah pertemuannya dengan Sungai Jenelata dibangun Waduk Bili-bili. Keuntungan alam ini menjadikan tanah Gowa kaya akan bahan galian, di samping tanahnya subur.
Kecamatan-kecamatan yang berada di dataran tinggi seperti Parangloe, Bungaya, dan terutama Tinggimoncong merupakan sentra penghasil sayur-mayur. Sayuran yang paling banyak dibudidayakan adalah kentang, kubis, sawi, bawang daun, dan buncis. Per tahunnya hasil panen sayur-sayuran melebihi 5.000 ton.
Bajeng • Barombong • Biringbulu • Bontomarannu • Bontonompo • Bungaya • Pallangga • Parangloe • Somba Opu • Tinggimoncong • Tombolo Pao • Tompobulu
Area Type: Administrative region
Location Type: Second-order Administrative Division
Latitude: -5.166667
Longitude: 119.6667
Latitude (DMS): 5° 10' 0 S
Longitude (DMS): 119° 40' 0 E
Daerah penyelidikan mencakup seluruh wilayah Kabupaten Gowa yang secara geografis terletak antara 119021’54” BT - 120001’54” BT dan 505’20” LS - 5034’10” LS,seluas 1.883,33km2.
Secara administratif wilayah Kabupaten Gowa berbatasan sebelah utara dengan kota Makassar dan Kabupaten Maros, sebelah timur dengan Kabupaten Sinjai, Bulukumba, Bantaeng dan Kabupaten Jeneponto, sebelah selatan dengan Kabupaten Jeneponto dan Takalar, dan sebelah barat dengan Kabupaten Takalar dan Kota Makassar.
Ketinggian wilayah ini berkisar antara 5m sampai 2.830m dari muka laut. Kisaran suhu rata-rata maksimum bulanannya antara 280C sampai 320C. Secara keseluruhan, curah hujan rata-rata tahunan di daerah penyelidikan berkisar antara 2.196 mm sampai 2.598 mm.Secara geologi daerah ini tersusun oleh batuan-batuan sediment dan terobosan Formasi Camba yang berumur Tersier, batuan gunungapi dan terobosan yang termasuk dalam kelompok  batuan Gunungapi Lompobatang yang berumur Kuarter, serta endapan alluvial.
Daerah dataran yang merupakan daerah terendah di atas permukaan laut, umumnya ditempati oleh endapan alluvial. Kelompok batuan Formasi Camba dan batuan gunung api Tersier umumnya menempati daerah perbukitan dan hanya sebagian kecil yang berada di daerah dataran serta di daerah dataran bergelombang; sedangkan daerah pegunungan yang merupakan bagian tertinggi dalam wilayah Kabupaten Gowa tersusun oleh batuan gunungapi Kuarter.
Daerah dataran yang umumnya tersusun oleh endapan alluvial merupakan wilayah air tanah produktivitas sedang-rendah. Sedangkan daerah yang tersusun oleh batuan sedimen Formasi Camba dan Batuan Gunungapi termasuk batuan terobosan berumur Tersier merupakan wilayah airtanah dengan produktivitas sangat rendah hingga langka airtanah.
Daerah pegunungan termasuk wilayah airtanah produktivitas sedang kecuali sebagian daerah di sekitar puncak merupakan wilayah airtanah langka. Bahan galian berupa pasir dan lempung banyak ditambang di daerah dataran terutama di daerah Bajeng, sedangkan sirtu di daerah lembah sungai Jeneberang di bagian hulu bendungan Bili-Bili.
Daerah bergelombang sering dibuat menjadi lebih landai bahkan datar dengan menggalinya sebagai tanah urug dan batubelah terutama di daerah yang tersusun oleh endapan gunungapi Tersier. Formasi Camba  oleh para peneliti sebelumnya diinformasikan mengandung lapisan tipis batubara, sedangkan intrusi batuan gunungapi Baturappe-Cindako antara lain menghasilkan mineralisasi logam mulia.
Dari segi kebencanaan, daerah Kabupaten Gowa ini tidak termasuk daerah yang rawan gempa bumi karena kondisi geologi lokal dan posisi tektoniknya yang jauh dari zona-zona sumber gempabumi.
Daerah ini juga aman dari bencana gunungapi karena gunungapi terdekat yaitu Lompobattang sudah termasuk kategori padam. Namun beberapa tempat termasuk sangat rawan terhadap bencana gerakan tanah seperti di sebagian lereng gunung Bawakaraeng dan sebagian daerah perbukitan yang terjal. Selain itu daerah lembah sungai Jeneberang juga rawan terhadap bencana banjir bandang.
Analisis Geologi Lingkungan dan skoring setiap komponen geologi lingkungan yang dimiliki oleh semua daerah dan dianggap berpengaruh terhadap pengembangan wilayah menunjukkan nilainya berkisar antara 33-62 atau kurang leluasa hingga cukup leluasa untuk dikembangkan, kecuali daerah tertentu yang tersisihkan merupakan daerah yang tidak layak kembang.
Daerah yang cukup leluasa untuk dikembangkan direkomendasikan sebagai kawasan budidaya umum utamanya pertanian tanaman pangan semusim dan pengembangan kawasan non pertanian seperti pemukiman, perkantoran dan perdagangan. Sedangkan sebagian besar daerah yang agak leluasa lainnya dan daerah yang kurang leluasa untuk dikembangkan merupakan daerah yang direkomendasikan sebagai kawasan budidaya terbatas umumnya pertanian (termasuk hutan). Adapun daerah yang tidak layak kembang maka direkomendasikan sebagai kawasan lindung.
Daerah yang cukup leluasa untuk dikembangkan sebagian besar terletak di dataran Sungguminasa - Takalar, sedangkan yang tidak layak menempati daerah di sekitar puncak perbukitan dan pegunungan terjal, sempadan sungai, waduk/danau dan mata air.

0 comments on "KABUPATEN GOWA"

 

Miss'Vhiolette Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal